Abstract :
Penelitian ini merupakan R & D (Research and Development) yang
bertujuan untuk mengetahui validitas dan respon peserta didik terhadap lembar
kerja peserta didik (LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem
koloid. Prosedur pengembangan dan penelitian ini menggunakan model Rowntree
yang terdiri dari tiga tahap, yaitu perencanaan, pengembangan, dan evaluasi.
Tahap evaluasi menggunakan metode evaluasi formatif Tessmer berupa self
evaluation, expert review, one to one evaluation, dan small group evaluation.
Penelitian ini melibatkan empat validator yaitu validator ahli desain, ahli content,
ahli pedagogik 1 dan ahli pedagogik 2. Subjek uji coba one to one evaluation dan
uji coba small group evaluation adalah peserta didik MAN 2 Palembang.
Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket respon
peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan lembar kerja peserta didik
(LKPD) berbasis pendekatan saintifik pada materi sistem koloid memperoleh nilai
dari ahli desain sebesar 4,33 (kategori sangat valid), ahli content memperoleh nilai
sebesar 4,00 (kategori valid), ahli pedagodik 1 memperoleh nilai sebesar 4,75
(kategori sangat valid), dan ahli pedagogik 2 memperoleh nilai sebesar 4,00
(kategori valid). Rata-rata nilai dari keempat validator yaitu 4,27 (kategori sangat
valid). Respon peserta didik terhadap lembar kerja peseta didik (LKPD) berbasis
pendekatan saintifik pada materi sistem koloid dikategorikan sangat baik, dimana
pada tahap one to one evaluation memperoleh nilai sebesar 4,62 (kategori sangat
baik), dan pada tahap small group evaluation memperoleh nilai sebesar 4,47
(kategori sangat baik).
Kata-kata kunci : lembar kerja peserta didik (LKPD), saintifik, sistem koloid