Abstract :
Penulisan skripsi berjudul ?Peranan Bimbingan Konseling Islam Dengan
Teknik Muhasabah Dalam Memberikan Motivasi Belajar Pada Mahasantri Ma?had
Al-Jamiah UIN Raden Fatah Palembang?. Motivasi belajar yang dimiliki mahasantari
dalam mengikuti kegiatan belajar di Ma?had berbeda-beda. Motivasi belajar mereka
tidak stabil dalam mengikuti kegiatan belajar di Ma?had dan timbul rasa malas serta
jenuh dalam mengikuti kegiatan belajar tersebut. Sehingga perlu dilakukan
bimbingan konseling Islam dengan teknik muhasabah. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui (1)bagaimana gambaran motivasi belajar mahasantri putra Ma?had Al?Jamiah UIN Raden Fatah Palembang, (2)bagaimana proses pelaksanaan bimbingan
konseling Islam dengan teknik muhasabah diridi Ma?had Al-Jamiah UIN Raden
Fatah Palembang,(3)bagaimana peranan bimbingan konseling Islam dengan teknik
muhasabah dalam memberikan motivasi belajar pada mahasantri Ma?had Al?JamiahUIN Raden Fatah Palembang. Penelitian dilakukan di Ma?had Al-Jamiah UIN
Raden Fatah Palembang. Menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam
penelitian diambil dari data primer yaitu mahasantri putra angkatan 2017.Teknik
pengumpulan data meliputi metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik
analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil
penelitian diperoleh bahwa peranan bimbingan konseling islam dengan teknik
muhasabah dalam memberikan motivasi belajar pada mahasantri Ma?had Al-Jamiah
UIN Raden Fatah Palembang berperan penting dalam memotivasi belajar pada
mahasantri putra, tujuannya untuk dapat menyesuaikan diri pada lingkungan di
Ma?had, mampu introspeksi diri, mampu memiliki ahlak yang baik, mampu
mengembangkan kemampuan kereatif, mampu mengembangkan potensi diri,
mampumenyesuaikan diri dalam belajar, dan membantu menerima keadaan dirinya
sebagaimana adanya, segi-segi baik (positif, optimis) dan kelemahannya sebagai
sesuatu yang telah ditetapkan Allah SWT, dari hasil usaha yang dilakukan.
kata kunci : bimbingan, motivasi belajar, mahasantri