Abstract :
Kinerja merupakan prestasi, hasil atau kemampuan yang dicapai dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawab. Guru sertifikasi hendaknya mempunyai kinerja yang optimal dalam bidang administrasi, pengajar dan pembimbing dalam melaksanakan tugasnya. Sertifikasi adalah proses pemberian sertifikat terhadap kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan setelah lulus uji kompetensi.
Rendahnya kinerja guru dalam proses belajar mengajar di sekolah karena adanya faktor internal dan eksternal seperti Lingkungan kerja yang kurang nyaman atau kurangnya tersedianya sarana prasana dan juga kurangnya kerjasama dengan siswa dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai kinerja guru PAI bersertifikasi di SD Muhammadiyah Lebung Itam Kecamata Tulung Selapan
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif adapun data-data ini dikumpulkan melalui obserasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive samlping, dan snowball sampling.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan 1). Kinerja guru PAI dalam sebelum melaksanakan pembelajaran semua guru di wajibkan membuat administrasi pembelajaran yang dilakukan diawal tahun ajaran sesuai dengan kurikulum yang berlaku. 2). Kinerja guru PAI dalam pelaksanaan proses pembelajaran dikelas guru mengunakan berbagai metode untuk membantu proses pembelajaran dikelas. 3). Kinerja guru PAI sebagai motivator ketika diakhir pelajaran guru sering sekali memberikan arahan atau nasehat kepada siswa agar giat dalam belajar dan guru memberikan rewied. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja guru. 1). Faktor pendukung adanya kerjasama dengan kepala sekolah dan dalam diri guru itu sendiri untuk lebih maju. 2). Faktor penghambat adalah sarana prasarana dan peserta didik.
Kata Kunci: Kinerja, Pendidikan Agama Islam, Sertifikasi