Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Android
Appypie Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di
Kelas XI Madrasah Aliyah Aisyiyah Palembang?
Penelitian ini dilatarbelakangi karena masih banyak guru yang kurang
memanfaatkan media pembelajaran dilingkungan kelas untuk mendukung kelancaran
pendidikan khusunya pada pelajaran fiqih. Pembelajaran fiqih sangat menarik jika
disampaikan dengan menggunakan media yang inovatif, salah satu media yang
inovatif dan kreatif tersebut adalah media aplikasi android appy pie. Kurangnya
inovasi dan kreasi guru dalam menggunakan media pembelajaran terutama pada saat
mata pelajaran fiqih berlangsung ternyata mampu membuat minat mereka dalam
mempelajari bahan ajar fiqih menjadi berkurang dan berdampak pada hasil belajar
mereka yang tidak maksimal.
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana minat belajar
siswa sebelum penerapan media aplikasi android appy pie di kelas XI MA Aisyiyah
Palembang? Bagaimana minat belajar siswa setelah penerapan media aplikasi android
appy pie di kelas XI MA Aisyiyah Palembang? Apakah terdapat perbedaan yang
signifikan antara sebelum dan setelah penerapan media aplikasi android appy pie
dalam meningkatkan minat belajar siswa di kelas XI MA Aisyiyah Palembang?
Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI dengan jumlah keseluruhan
ada 34 siswa, jenis penelitian ini adalah field research. Teknik pengumpulan data
yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket, dan dokumentasi. Data
yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisis statistik menggunakan
rumus uji-t dan TSR.
Penelitian ini menghasilkan beberapa temuan, yaitu: Pertama, Minat belajar
siswa sebelum penerapan media aplikasi android appy pie tergolong dalam kategori
sedang. Hal ini terbukti dari 34 siswa yang dijadikan sebagai sampel dimana terdapat
6 siswa (17,56%) yang memiliki minat belajar dalam kategori tinggi, 21 siswa
(61,76%) yang memiliki minat belajar dalam kategori sedang, dan 7 siswa (20,59%)
yang memiliki minat belajar dalam kategori rendah. Kedua, Minat belajar siswa
setelah penerapan media aplikasi android appy pie kategori tinggi. Hal ini dapat
dilihat dari 14 siswa (41,18%) yang memiliki minat belajar dalam kategori tinggi, 12
siswa (35,30%) yang memiliki minat belajar dalam kategori sedang, dan 8 siswa
(23,52%) yang memiliki minat belajar dalam kategori rendah. Ketiga, terdapat
hubungan yang signifikan antara sebelum dan setelah diterapkan media aplikasi
android appy pie dimana berdasarkan dari hasil uji ?t? antara sebelum dan setelah
penerapan media video dengan membandingkan antara thitung yang diperoleh sebesar 5
dengan ttabel pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf signifikasi 1%. Dengan
demikian hipotesis alternatif Ha diterima sedangkan alternatif nihil Ho ditolak. Ini
berarti adanya pengaruh penerapan media aplikasi android appy pie dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di kelas XI MA Aisyiyah
Palembang