Abstract :
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh Habit Forming (Pembiasaan)
Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP N 39
Palembang. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah Bagaimana pengaruh Habit
Forming (Pembiasaan) terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
kelas VII di SMP N 39 Palembang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian field
Reasearch. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket),
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus product moment dengan
menggunakan signifikansi Uji T.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh habit forming
(pembiasaan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VII di
SMP N 39 Palembang. Berdasarkan hasil persentase analisis pada pengaruh habit
forming (pembiasaan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas
VII di SMP N 39 Palembang, peneliti menyatakan bahwa terdapat korelasi yang
signifikan antara variabel X dan variabel Y, terbukti dari nilai pada uji T yang
diperoleh Thitung sebesar 3,444 dan Ttabel sebesar 1,695 pada taraf signifikansi 5%,
sehingga Thitung lebih besar dari Ttabel ( 3,444 < 1,695 ). Dengan demikian bahwa
Hipotesis Alternatif (Ha) yang berbunyi ada pengaruh yang signifikan antara habit
forming (pembiasaan) terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas
VII di SMP N 39 Palembang dapat diterima sedangkan Hipotesis Nol (H0) ditolak.