Abstract :
Nilai pendidikan Islam adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar secara aktif mengembangkan potensi
dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian,
kecerdasan akhlak mulia serta keterampilan yang di perlukan dirinya, masyarakat
bangsa dan Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Qosidah Burdah,
relevansinya terhadap pendidikan Islam serta kontribusi nilai-nilai pendidikan Islam
dalam karya Imam Al-Bushiri.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan tehnik pengumpulan
data melalui Library Research dengan mengambil latar syair karya Imam Al?Bushiri dengan menggunakan dokumentasi dari berbagai literature yang ada metode
analisis data yang ditempuh adalah analisis isi yaitu menjelaskan isi dari dokumen
yang telah di teliti yang kemudian diambil kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Syair-syair dalam Qosidah Burdah karya
Imam Al-Bushiri mengandung nilai-nilai pendidikan Islam yang meliputi : nilai
pendidikan aqidah, nilai pendidikan syariah (ibadah), dan nilai pendidikan akhlak.
(2) Relevansinya dengan pendidikan Islam terletak pada tujuan yang terkandung
didalamnya, yaitu ajaran untuk meneladani Nabi serta mengkaji segala sesuatu yang
berada dalam Al-Qur?an supaya menjadi manusia yang berkepribadian muslim,
sehingga menjadi manusia yang sempurna sebagai hamba Allah serta khalifah di
bumi, tujuan ini sesuai dengan tujuan dari pendidikan Islam. (3) Kontribusinya
nilai-nilai pendidikan Islam dalam penguatan akhlak di Indonesia yang
diidentifikasikan sebagai masyarakat religius ini secara umum kurang memiliki
akhlak. Meningkatnya kesadaran beragama dan pelaksanaan ibadah ternyata tidak
berimplikasi kepada meningkatnya akhlak bangsa, sehingga seringkali muncul kritik
bahwa agama di Indonesia belum fungsional dalam kehidupan masyarakat. Bahkan
kini ada kecenderungan akhlak bangsa kini mengalami kemerosotan. Sebagai akibat
dari adanya perubahan social.
Kata Kunci : Nilai-nilai Pendidikan Islam, Sastra