Abstract :
Tita Junita, Dr. H. Akmal Hawi M.Ag dan Sukirman M.Si Tahun 2021.
Penerapan Strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Kelas X Mata Pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al?Fatah Palembang.
Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui Bagaimana Hasil Belajar
Siswa pada Kelas Kontrol di kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 2).
Mengetahui Bagaimana Hasil Belajar Siswa pada Kelas Kontrol di Kelas X
Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang 3). Untuk Mengetahui Apakah Penerapan
Strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa) dapat Meningkatkan
Hasil Belajar di Kelas X Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
eksperimen dengan rancangan Posstes ? Ony Control Design. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kuantitaif. Selanjutnya dalam penelitian metode
pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dan
dokumentasi.dan teknik analisis data menggunakan uji tes t. Hasil belajar yang
diperoleh adalah penerapan strategi PBAS (Pembelajaran Berorientasi Aktivitas
Siswa) dilaksanakan dalam 3 tahap perencanaan,pelaksanaan, dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa kelas eksperimen
lebih tinggi dari pada kelas kontrol, kelas eksperimen yaitu kelas X MIA 1 dan yang
dijadikan kelas kontrol yaitu kelas X MIA 2 dengan hasil hipotesis uji t: (t0 =6,142)
dan besar t yang tercantum pada tabel nilai t (ttabel 5%=2,02 dan ttabel 1%= 2,71)
hipotesis yang diajukan diterima yaitu 2,02<6,124>2,71, dan hipotesis nihil ditolak.
Artinya terdapat peningkatan hasil belajar dengan diterapkan strategi PBAS
(Pembelajaran Berorientasi Aktivitas Siswa).