Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi tentang pelaksanaan
kegiatan Rohis dalam membentuk karakter religius peserta didik di SMA Meranti
Adapun Kegiatan Rohis ini dilaksanakan untuk menambah pengetahuan keagamaan
peserta didik yang dilaksanakan diluar jam formal, ekrtaskuliler rohis ini bertujuan
untuk memperbaiki dan membentuk karakter peserta didik dan memiliki akhloakul
karimah yang baik di lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif Teknik pengumpulan
datanya dengan melakukan berbagai Teknik seperti dengan melalui Observasi
lapangan, Wawancara kepada narasumber yang menjadi informan penelitian dan
Dokumentasi kegiatan yang dilakukan. kemudian di analisis secara deskriptif.
Hasil temuan yang diperoleh dari pelaksanaan kegiatan rohis dalam
membentuk karakter religius peserta didik ialah pelaksanaan kegiatan rohis berjalan
dengan lancar dengan berbagai program dan agenda yang telah dijadwalkan dan di
bimbinglangsung oleh Pembina Rohis. DIantaranya belajar membaca Al-Qur?an,
belajar menjadi MC, Hadroh, Pengajian rutin hari Jum?at, Menempel majalah
dinding, Nonton bareng,Rujak party, Memperingati hari Besar Islam (PHBI) seperti
maulid Nabi Muhammad SAW, dan kegiatan yang dilakukan pada bulan suci
ramadhan contohnya seperti tarawih keliling. Memlalui kegiatan inilah karakter
religius mulai terbentuk dan menjadi lebig baik dari sebelumnya. karakter religius
peserta didik dengan mengikuti pelaksanaan kegiatan rohis ini sikap dan perilaku
siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Karakter religius peserta didik juga
terbentuk melalui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh rohis yang dibimbing
langsung oleh oembina rohis SMA Meranti Pedamaran. jadi dari pelaksanaan
kegiatan rohis ini peserta didik yang mengkuti rohis ini dapat menjadi contoh bagi
teman-temannya dalam berperilaku karena dari kegiatan inilah karakter peserta
didik terbentuk dan juga memalui agenda yang dilaksanakan dapat menjalin tali
silahturahmi yang bai kantar sesama.