Abstract :
Big Book merupakan media pembelajaran berbentuk buku bergambar
yang mempunyai format ukuran teks dan gambar yang besar serta menarik
untuk ditampilkan pada peserta didik. Meda Big Book memiliki keistimewaan
dan kelebihan yang luar biasa dalam memengaruhi jalannya proses
pembelajaran antara pendidik dan peserta didik.
Penelitian ini membahas tentang pengembangan media pembelajaran big
book dalam menghafal doa sehari-hari di Kelas II SD Negeri 41 Palembang.
Pendidikan agama khususnya menghafal doa sehari-hari merupakan pendidikan
sedini mungkin yang harus diajarkan oleh orangtua ataupun guru kepada anak.
Harapannya agar menjadi kebiasaan bagi peserta didik untuk diterapkan baik di
dalam maupun di luar sekolah. Seringkali para orang tua lebih memperhatikan
pendidikan umum hingga penanaman nilai-nilai agama Islam menjadi
terpinggirkan sehingga pada ranah afektif anak tersebut menjadi kurang baik.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu pengembangan atau research and
development (R&D). Model pengembangan yang dipilih mengacu pada model
ADDIE ( Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation ).
Selanjutnya metode atau teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu
observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara uji
kelayakan dan uji kevalidan media atau produk.
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa kevalidan media
pembelajaran big book dalam menghafal doa sehari-hari berdasarkan penilaian
dari ahli media mendapat rata-rata skor keseluruhan 94 dengan kategori sangat
valid. Selanjutnya penilaian dari ahli materi mendapat rata-rata skor
keseluruhan 94,057 dengan kategori sangat valid. Kemudian uji coba produk
yang dilakukan pada peserta didik menghasilkan angket kelayakan dengan rata?rata skor keseluruhan 90,3 dengan kategori sangat layak.
Kata Kunci: Big Book, Menghafal, Doa