Abstract :
Penelitian ini membahas tentang peranan laboratorium keagamaan dalam kegiatan
pembinaan baca tulis al-Qur?an mahasiswa program studi pendidikan agama islam
angkatan 2019 di fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Raden Fatah
Palembang. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah guna memahami bagaimana
kemampuan BTA Mahasiswa PAI, bertujuan untuk mengetahui fakto-faktor apa saja
yang mempengaruhi kemampuan BTA mahasiswa PAI dan bertujuan memahami apa
saja langkah-langkah pengelolah laboratorium keagamaan Fakultas Ilmu Tarbiyah
dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang dalam meningkatkan kemampuan BTA
mahasiswa angkatan 2019.
Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian yang
bersifat kualitatif, metode ini berlandas pada filsafat postpositivisme. Dalam
peneitian ini, pemilihan informan dengan teknik purposive Sampling yaitu
menentukan informan dengan pertimbangan bahwa informan yang dipilih adalah
individu yang bisa berikan info terkit obyek kajian diteliti oleh peneliti, pengumpulan
data dalam penelitian ini berdasarkan observasi, wawancara, dokumentasi dan
trianggulasi.
Peranan Laboratorium Keagamaan dalam Kegiatan Pembinaan BTA Mahasiswa
PAI angkatan 2019 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah
Palembang (Sebagai wadah atau tempat dalam merangkap semua kegiatan
keagamaan di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Sebagai sumber belajar dalam
pembinaan baca tulis al-Qur?an, Sebagai Motivator dalam Kegiatan Pembinaan
Baca Tulis al-Qur?an). Bentuk-bentuk Kegiatan Pembinaan BTA Mahasiswa PAI
angkatan 2019 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah
Palembang (Pembinaan tajwid, makhorijul huruf dan ghorib, Pembinaan tugas
menulis secara imla?). Faktor-faktor Pendukung dan Penghambat dalam Kegiatan
Pembinaan BTA Mahasiswa PAI angkatan 2019 di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan
Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, faktor pendukung (Dosen Pembimbing,
Mahasiswa, Sarana dan Prasarana), Faktor Penghambat (faktor internal dan faktor
eksternal)