DETAIL DOCUMENT
POLA PEMBINAAN KEDISIPLINAN SANTRI DALAM BERBAHASA ARAB DAN INGGRIS DI PONDOK PESANTREN DAARUL ABROOR KECAMATAN MUARA SUGIHAN KABUPATEN BANYUASIN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
KHOVIVAH, VIVI
Subject
 
Datestamp
2021-09-08 04:24:41 
Abstract :
Penelitian ini mengkaji tentang pola pembinaan kedisiplinan santri dalam berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Daarul Abroor. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menjelaskan tentang pola pembinaan kedisiplinan santri dalam berbahasa Arab dan Inggris setiap harinya, serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembinaan kedisiplinan dalam berbahasa Arab dan Inggris. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan lapangan (field research). Data diperoleh dari hasil observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, display atau penyajian data, dan tahap kesimpulan. Informan dalam penelitian ini yaitu ustadz bagian penggerak bahasa, ORPENDA bagian penggerak bahasa, Mudabiroh dan santri Pondok pesantren Daarul Abroor. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembinaan kedisiplinan santri dalam berbahasa Arab dan Inggris di Pondok Pesantren Daarul Abroor yaitu dengan pola pembinaan kedisiplinan santri melalui pemberian keteladanan, pola pembinaan kedisiplinan santri melalui pemberian motivasi, pola pembinaan kedisiplinan santri melalui pengawasan dan pola pembinaan kedisiplinan santri melalui sanksi atau hukuman. Sedangkan faktor yang menjadi pendukung dalam penelitian ini yaitu kurikulum di Pondok Pesantren Daarul Abroor menggunakan kurikulum KMI (Kulliyatul Mualiminal Islamiyyah), semua santri tinggal di dalam asrama. Ustadz dan ustadzah, Organisasi di Pondok Pesantren Daarul Abroor, serta kegiatannya juga menjadi faktor pendukung dalam pembinaan kedisiplinan santri berbahasa Arab dan Inggris. Faktor penghambat dalam penelitian ini berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan informan dijelaskan bahwa tidak ada faktor utama dalam menghambat pembinaan disiplin santri dalam berbahasa Arab dan Inggris namun ada beberapa faktor kecil yang menjadi penghambat yaitu sarana dan prasarana yang kurang memadai, kurang kesadaran dalam diri santri dan kelas 6 KMI yang sudah tidak menjabat. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang