Abstract :
Masalah dalam penelitian ini, yaitu motivasi belajar siswa rendah. Terlihat dari proses
pembelajaran Pendidikan Agama Islam berlangsung, siswa kurang respon terhadap materi.
Banyak siswa yang kurangnya rasa mandiri, kerja sama dalam melakukan sesuatu. Misalnya
seorang guru memberikan tugas kepada siswa pada kelas tersebut dan yang hanya mengerjakan
dengan mandiri hanya beberapa orang saja yang lain hanya mencontoh bahkan bermalas-malasan
dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh gurunya.
Penelitian ini menggunakan lapangan (field research) yaitu dengan mengadakan
penelitian terhadap objek yang akan dituju untuk memperoleh data yang benar dan terpercaya.
Penelitian yang dilaksanakan di lapangan adalah meneliti masalah yang sifatnya kualitatif, yakni
prosedur data penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan
dari para guru dan siswa.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi diatas maka dalam memotivasi siswa dalam
belajar di MIN Bitis sudah memberikan motivasi, hal ini sesuai dengan wawancara dan observasi
terhadap guru dan siswa. Guru menegur siswa yang terlambat, guru datang lebih cepat datang ke
sekolah dari pada siswa, mengajak untuk melaksankan shalat, mengingatkan kerja sama untuk
melaksankan piket kelas kepada seluruh siswa, bertanggung jawab dalam tugas yang telah
diberikan dan mandiri dalam mengerjakan tugas tidak mengandalkan satu orang saja, ketika
mengajar dikelas guru menambahkan buku-buku yang berkaitan dengan pelajaran, sehingga
memudahkan kegiatan belajar mengajar, guru tepat waktu masuk ke kelas, dan membiasakn
berdo?a dan tadarus bersama sebelum belajar, memberikan motivasi dan menyuruh siswa untuk
mengulangi pelajaran yang telah diberikan disekolah pada saat lagi di rumah.