Abstract :
Penelitian ini berjudul ?Pola Komunikasi Staff Front Office Department dalam
Meningkatkan Pelayanan Kepuasan Konsumen (Studi Hotel The Exceton Palembang)?. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pola komunikasi
apa yang digunakan Staff Front Office Department dalam meningkatkan pelayanan kepuasan konsumen di Hotel The Excelton Palembang. Metode
penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data primer dari
penelitian ini yaitu melalui wawancara dengan Front Office Manager, Supervisor, Guest Relation Officer, Receptionist, Reservation, dan Bellboy/Bellman. Sumber
data sekundernya yaitu berupa dokumen resmi Hotel The Excelton Palembang, jurnal dan buku-buku. Teori yang digunakan adalah teori pola komunikasi yang
dikemukakan oleh Stewart L. Tubbs dan Sylvia Moss, dimana terdapat tiga pola yaitu pola linier, interaktif, dan transaksional. Hasil dari penelitian ini adalah pola komunikasi yang diterapkan oleh Staff Front Office Department dalam meningkatkan pelayanan kepuasan konsumen ialah pola komunikasi
transaksional.