Abstract :
Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana peran
guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai berbakti terhadap guru di
Sekolah Dasar Negeri 16 Rambutan, serta apa faktor pendukung dan penghambat
guru pendidikan agama islam dalam menanamkan nilai berbakti terhadap guru di
Sekolah Dasar Negeri 16 Rambutan.
Jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian kualitatif melalui pendekatan
studi kasus. Selanjutnya pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan
dokumentasi. Kemudian analisis data melalui reduksi data, penyajian data,
triangulasi data sert kesimpulan.
Adapun hasi penelitian yang diperoleh bahwa peran guru pendidikan agama
islam dalam menanamkan nilai berbakti terhadap guru di Sekolah Dasar Negeri 16
Rambutan sudah berperan. Guru sudah menanamkan nilai berbakti terhadap guru
kepada siswanya seperti selalu mengucapkan salam, mendengarkan nasihat guru,
melaksanakan perintah guru, bersikap antusias saat guru mengajar, serta bersikap
lemah lembut kepada guru, Serta upaya dilakukan guru pendidikan agama islam
dalam menanamkan nilai berbakti terhadap guru di Sekolah Dasar Negeri 16
Rambutan adalah melalui nasihat, pembiasaan, keteladanan, serta hukuman.
Kemudian faktor pendukungnya yakni perilaku anak yang mudah diatur, serta
peraturan sekolah yang menghambat kenakalan pada siswa. Dan faktor
penghambatnya yaitu karakter siswa yang berbeda-beda, dan perkembangan
teknologi yang semakin canggih.