Abstract :
Penelitian ini mengkaji tentang penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic,
Auditory, Visualization, Intelectualy) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada
mata pelajaran Fiqih kelas X Madrasah Aliyah Al-Azhar Assyarif Srigunung.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana hasil belajar siswa
sebelum diterapkannya Model SAVI pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah
Al-Azhar Assyarif Srigunung? 2). Bagaimana hasil belajar siswa sesudah diterapkan
Model SAVI pada mata pelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah Al-Azhar Assyarif
Srigunung? 3). Perbedaan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkan model
SAVI di Madrasah Aliyah Al-Azhar Assyarif Srigunung?. Tujuan penelitian ini ialah
1). Tujuannya mengetahui hasil belajar yang signifikan pada kelas eksperimen
dengan pelajaran Fiqih, dan mengguankan model pembelajaran SAVI. 2). Dengan
tujuan membahas perbedaan hasil yang berlangsungnya belajar pada kelas kontrol
dengan pembelajaran Fiqih kelas X Madrasah Aliyah Al-Azhar Assyarif Srigunung.
Metode penelitian yang digunakan ini adalah pendekatan kuantitatif deskriptif
dengan mengadakan penelitian ke lokasi langsung. Jenis penelitian ini yaitu
penelitian kuantutatif dengan menggunakan analisi perhitungan uji-t. Metode
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penyebaran
tes sebanyak 30 soal kepada 27 responden.
Hasil penelitian ini dengan diketahui nilai dari hasil perhitungan
menggunakan uji-t yaitu