Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen waktu siswa kelas X di
MAN 3 Palembang, serta prestasi belajar siswa dan untuk mengetahui apakah
terdapat pengaruh antara manajemen waktu terhadap prestasi belajar kelas X di
MAN 3 Palembang.
Metodologi penelitian yang digunakan jenis penelitiannya yaitu penelitian
kuantitatif deskriptif, adapun sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder,
Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Random sampling
dengan jumlah sampel 77 responden. Teknik pengumpulan data yaitu observasi,
angket, dan dokumentasi. Tahap selanjutnya yaitu teknik analisis data menggunakan
product momen.
Hasil penelitian yaitu berdasarkan hasil analisa data antara manajemen waktu
dengan prestasi belajar siswa Kelas X di MA Negeri 3 Palembang diperoleh hasil rxy
= 0,422 dan untuk memberikan interpretasi terhadap rxy, maka kita lihat harga ?r?
tabel. Dalam hal ini df = N-nr = 77-2 = 75, nilai tersebut terdapat dalam tabel dan
diperoleh ?r? pada taraf signifikan 5% = 0,232 dan pada taraf 1% = 0,302 atau dapat
ditulis 5%1%, maka 0,232<0,422>0,302. Melihat hasil rxy lebih besar dari
taraf siginifikansi 5% dan lebih besar dari pada taraf signigikansi 1%, maka dapat
dikatakan bahwa ada hubungan atau pengaruh signifikan yang sedang antara
manajemen waktu terhadap prestasi belajar siswa kelas X di MA Negeri 3
Palembang