Abstract :
Personal seller merupakan salah satu bentuk kegiatan promosi secara langsung atau tatap muka saat memperkenalkan dan menarik konsumen. Kegiatan promosi
melalui personal seller ini termasuk di dalam salah satu bagian dari marketing mix yaitu promotion. Hubungan dari komunikasi yang di bangun oleh personal seller ini bertujuan untuk meningkatkan minat beli konsumen. Dari latar belakang
di atas maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana pola komunikasi nonverbal yang dilakukan personal seller PT Kapal Api dalam meningkatkan minat beli dalam event Jalan Sehat Bersama Kapal Api. Dengan
tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bagaimana pola komunikasi nonverbal yang dilakukan personal seller PT Kapal Api dalam meningkatkan
minat beli dalam suatu event marketing.Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode pengumpulan data secara observasi, wawancara mendalam dan
dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa teori kenesik yang mengasumsikan bahwa semua gerakan tubuh memiliki potensi makna dalam konteks komunikatif. Lalu perilaku yang terorganisir, dan pengalaman hidup yang khusus dari setiap orang akan memberikan kontribusinya pada unsur-unsur
ideosinkratik pada sistem kinesik yang dimilikinya tersebut merupakan perolehan dari pengalaman pengalaman mereka sebagai personal seller sebelumnya. Belajar
dari pengalaman menghadapi konsumen itulah yang pada akhirnya memengaruhi bentuk-bentuk komunikasi nonverbalnya yang digunakan untuk menarik minat beli konsumen