Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Seberapa besar pengaruh
Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bukit Asam terhadap citra
positif perusahaan pada masyarakat Tanjung Enim. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang diperoleh melalui hasil observasi, wawancara dan penyebaran kuesioner kepada 100 masyarakat Tanjung Enim dengan menggunakan
teori stakeholder menjelaskan bahwa teori yang menggambarkan kepada pihak mana saja perusahaan bertanggungjawab yakni semua pihak baik eksternal maupun internal yang memiliki hubungan baik bersifat dipengaruhi maupun mempengaruhi, bersifat langsung maupun tidak langsung oleh perusahaan. Hasil penelitian ini berdasarkan teori
menunjukan hubungan antara variabel pengaruh CSR PT. Bukit Asam
terhadap variabel citra positif perusahaan sebesar 0.613% dengan
koefesien determinasi ( R Squuare ) sebesar 37,5% maka kedua variabel mempunyai hubungan yang berkorelasi dan searah seluruhnya didukung
faktor-faktor lain. Kemudian dari nilai uji t pengaruh CSR PT. Bukit Asam terhadap citra positif perusahaan sebesar 7,852 dengan nilai signifikasi ttabel 0,05 adalah 1,660 yang menunjukan bahwa nilai thitung lebih besar
dari ttabel. Kemudian dilakukan uji f dengan derajat kesalahan 10% dan drajat keabsahan 3,94, sedangkan fhitung didapatkan hasil yang lebih besar
dari ftabel yaitu sebesar 58.865. Dari hasil hipotesis di atas bahwa terdapat pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Bukit Asam terhadap
citra positif perusahaan pada masyarakat Tanjung Enim.