Abstract :
Keaktifan siswa dalam program Tahsin Al-Qur?an merupakan segala kegiatan
yang bersifat fisik maupun non fisik baik jasmain ataupun rohasni siswa dalam proses
kegiatan belajar Tahsin Al-Qur?an seperti mendengarkan ustadznya memberikan
penejelasan mengenai hukum-hukum tajwid, mendengarkan cara membaca Al?Qur?an dengan benar, bertanya tentang hukum-hukum tajwid jika kurang mengerti,
menyetrokan bacaan kepada ustadz dan lain sebagainya.
Kemampuan membaca Al-Qur?an adalah kesanggupan atau kecakapan yang
dimiliki oleh seseorang dalam bidang membaca, menghapal sampai memahami Al?Qur?an secara verbal serta mengetahui huruf-huruf dalam Al-Qur?an dan mampu
menghubungkan kata demi kata. Dalam penelitian ini siswa juga harus mampu
membaca Al-Qur?an baik secara tekstual maupun non tekstual(hapalan).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keaktifan siswa dalam
program tahsin Al-Qur?an di SMP Muhammadiyah 5 Palembang, bagaimana
kemampuan membaca Al-Qur?an di SMP Muhammdiyah 5 Palembang, adakah
pengaruh keaktifan siswa dalam program tahsin Al-Qur?an terhadap kemampuan
membaca Al-Qur?an di SMP Muhammadiyah 5 Palembang.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian Kuantitaitf yang bersifat regresional
yang menggunakan teknik analisis statistik sederhana dengan menggunakan rumus
Prosentase dan teknik analisis product momen. Adapun sampel dalam penelitian ini
adalah kelas VIII berjumlah 99 siswa, diambil 34% dengan teknik Random Sampling
maka sampel berjumlah 34 siswa. Sedangkah pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini bisa dilihat dari analisis data yaitu nilai korelasi
perhitungan rxy sebesar 0,12, angka indeks korelasi yang diperoleh tidak bertanda
negatif, dapat dikatakan terdapat pengaruh yang signfikan antara variabel x dan
variabel y. Berdasarkan perhitungan di atas, ? = 0,05 dan n = 34, uji satu pihak: Dk =
n?2=34 - 2 = 32, sehingga diperoleh ttabel = 1,694. Ternyata thitung > ttabe yaitu 5,58 >
1,694, maka H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan
siswa dalam program tahsin Al-Qur?an terhadap kemampuan membaca Al-Qur?an di
SMP Muhammadiyah 5 Palembang.