Abstract :
Penelitian ini membahas tentang Pencitraan Politik Pasangan Calon presiden Joko Widodo Dan Ma?ruf Amin. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk
mengetahui Pencitraan Politik pasangan presiden Joko Widodo dan Ma?ruf Amin Pada Masa Kampanye Melalui Kompas.com beserta faktor-faktor apa saja yang
mempengaruhi media Kompas.com menampilkan citra politik pasangan presiden Joko Widodo dan Ma?ruf Amin pada masa kampanye. Objek dalam ppenelitian
ini adalah Media Kompas.com. Teori yang digunakan adalah teori Citra politik yang terbentuk berdasarkan informasi yang diterima melalui media baik media
sosial maupun media massa. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualititatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah media
online kompas.com sebagai alat pencitraan politik. Data dikumpulkan
dikumpulkan melalui dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini adalah pihak media Kompas.com mengklaim bahwa metode pencitraan yang dilakukan menggunakan komunikasi dan publikasi yang bersifat dialogis maupun
monologis, hanya untuk menaikan rating image atau berita yang ditampilkan citra pasangan calon Joko Widodo dan Ma?ruf Amin. Jadi metode pencitraan politik yang dilakukan pihak Jokowi dan Ma?ruf Amin melalui Media Kompas.com
menayangkan berita secara netral dan tidak memihak pasangan calon. Faktor yang menjadi pemicu adalah faktor internal dan eksternal. Dalam hal ini media
merupakan sarana untuk membangun pencitraan dengan mengangkat isu-isu yang bersentuhan langsung oleh kebutuhan masyarakat Indonesia dari dalam dan dari luar.