Abstract :
Sistem operasional Internet Banking Online(CIMB Clicks) adalah
fasilitas layanan transaksi perbankan melalui jaringan internet yang dapat diakses
24 jam, kapan dan dimanapun nasabah berada untuk bertransaksi dengan
menggunakanpersonal computer, laptop, hp, notebook atau PDA.Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui kepuasan nasabah terhadap layanan berbasis Online
atau Internet Banking pada PT. CIMB Niaga Syariah Palembang.
Penelitian ini menggunakan metode penilitian kuantitatif deskriptif. Jenis
data yang digunakan dalam penelitian adalah jenis data primer, yang artinya data
diperoleh langsung dari responden. Dalam penelitian ini penyebaran kuesioner
sebanyak 98 responden yang di bulatkan menjadi 100 responden. Penelitian ini
menggunakan data olahan nilai skor kuesioner menggunakan skala Likert. Uji
yang digunakan untuk menguji instrumen penelitian adalah berupa Uji Validitas
dan Uji Reliabilitas,Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana
dengan menggunakan SPSS 16.0, analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik
dan uji hipotesis untuk mengetahui apakah Ha diterima atau Ho ditolak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis layanan berbasis online
terhadap kepuasan nasabah mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan
nasabah, dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi linier sederhana Y
= 36.129 + 0.086 X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan berbasis online
mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank CIMB
Niaga Syariah Palembang. Dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh regresi
linier sederhana Y = 36.129 + 0.086 X. Berdasarkan hasi analisis uji t (parsial)
diperoleh nilai signifikasinya 0,032< 0,50 maka dapat diketahui bahwa variable
layanan online berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank
CIMB Niaga Syariah Palembang.