Abstract :
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjelaskan pengaruh faktor
budaya, produk dan pribadi terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian yang
digunakan adalah kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 80 responden
dengan teknik probability sampling, menggunakan metode purposive sampling.
Dalam menentukan ukuran sampel penelitian, peneliti menggunakan rumus Hair
et al. Teknik pengumpulan data dengan penyebaran kuesioner. Teknik analisis
data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji
regresi simultan (Uji F) dan uji regresi parsial (Uji T). Proses perhitungan dibantu
program aplikasi software SPSS.
Hasil penelitian di lapangan, menunjukkan bahwa faktor budaya (X1),
produk (X2) dan pribadi (X3) berpengaruh terhadap keputusan pembelian (Y).
Hasil uji parsial analisis regresi X1 faktor budaya di peroleh nilai t hitung lebih
besar dari t tabel yaitu (2,990) > (1,991) dan nilai signifikansinya (0,004) < (0,05),
maka Ho ditolak dan Ha diterima.. Hasil uji parsial analisis regresi X2 produk di
peroleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu (2,343) > (1,991) dan nilai
signifikansinya (0,022) < (0,05), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil uji
parsial analisis regresi X3 pribadi di peroleh nilai t hitung lebih besar dari t tabel
yaitu (3,570) > (1,991) dan nilai signifikansinya (0,001) < (0,05), maka Ho ditolak
dan Ha diterima. Hasil uji simultan variabel faktor budaya, produk, dan faktor
pribadi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian dangan nilai F hitung > f tabel yaitu 40,352 > 2,72 sehingga Ho ditolak
dan Ha diterima dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05,