Abstract :
Rumah Makan adalah bidang yang sangat populer di era modern ini ,
sudah sangat banyak Rumah Makan yang menawarkan berbagai macam jenis
makanan kuliner yang dapat menjadi pilihan untuk konsumen. Bisnis dibidang
kuliner adalah bisnis yang sangat berkembang pesat karena hingga saat ini
semakin banyak Rumah Makan, cafe atau Restoran yang buka dari tahun ketahun.
Tujuan dari penelitian ini dilakukan mengetahui pengaruh citra merek dan
pelayanan jasa terhadap loyalitas konsumen Rumah Makan Palapa Raya
Palembang. Pada penelitian ini menggunakan sampel dari konsumen Rumah
Makan Palapa Raya Palembang KM 3,5 Jl. Jenderal Sudirman. Adapun variabel
dependen dalam penelitian ialah loyalitas konsumen sedangkan untuk variabel
independen pada penelitian ini yaitu citra merek dan pelayanan jasa.
Pada Penelitian ini teknik sampling yang digunakan ialah Accidental
sampling yaitu prosedur sampling yang memilih sampel dari orang atau unit yang
paling mudah diakses dan menggunakan Random Sampling atau acak. Data
sampel yang diperoleh dalam peneitian ini sebanyak 96 konsumen Rumah Makan
Palapa Raya Palembang. Teknik analisis pada penelitian menggunakan analisis
regresi liniear berganda, dengan menggunakan program stastitik SPSS 16.0.
Disimpulkan bahwa hasil penelitian ini menunjukkan citra merek,
memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dan
pelayanan jasa juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas
konsumen.