Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis adanya pengaruh Ukuran
perusahaan dan Leverage terhadap Nilai perusahaan dengan dimediasi
Profitabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode
2013-2016.
Metode penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling
yang menghasilkan jumlah populasi sebanyak 30 perusahaan dan sampel dalam
penelitian ini adalah 14 perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode
2013-2016.
Dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) hasil
penelitian menemukan ukuran perusahaan secara langsung berpengaruh negatif
dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage secara langsung berpengaruh
positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas tidak memediasi
pengaruh ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas
memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.
Kata kunci: Ukuran perusahaan, Leverage, Profitabilitas dan Nilai perusahaan