DETAIL DOCUMENT
Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Restoran Sambal Lalap Palembang
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
Anggraini, Agustina
Subject
300 Ilmu Sosial (Umum) 
Datestamp
2021-09-10 06:40:30 
Abstract :
ABSTRAK Fenomena yang terjadi pada pelaku bisnis kuliner di Palembang terkadang menyimpang dari etika bisnis dan tidak mengindahkan hal-hal seperti kejujuran dalam mengatakan asal usul produk, tidak ramah kepada konsumen yang sekedar tanya-tanya serta tidak menepati janji. Padahal Rasulullah telah memberikan tauladan tentang bagaimana etika dalam berbisnis yang bersumber dari al- Qur?an Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Restoran Sambal Lalap Palembang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menggunakan deskriptif. Pengumpulan data primer yaitu berupa interview, observasi dan data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang ada di restoran Sambal Lalap atau data internal dan buku-buku etika bisnis Islam atau data eksternal. Hasil dalam penelitian ini melalui interview dan observasi, yaitu bahwasanya restoran Sambal Lalap pada umumnya telah menerapkan etika bisnis yang berlandaskan ajaran-ajaran Islam. Penerapan etika bisnis Islam restoran Sambal Lalap terlihat dari tidak melipatgandakan harga, jujur dalam takaran, mengakui kelemahan serta kelebihan produk (shiddiq), akuntabilitas, memberikan pelayanan yang optimal, menepati janji (amanah), komunikasi bisnis, mampu menyampaikan visi misi, menjalin hubungan baik dengan mitra bisnis (tabligh), kecerdasan spiritual, profesional, kemampuan untuk melakukan inovasi produk (fathanah) Kata kunci : Shiddiq, Amanah, Tabligh, dan Fathanah 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang