Abstract :
Keputusan pembelian adalah fenomena yang terjadi pada tindakan dari konsumen untuk
mau membeli atau tidak terhadap produk, hal ini disebut sebagai keinginan berprilaku dan telah
di buktikan oleh para peneliti. Tujuan dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisis
pengaruh persepsi, lingkungan dan gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Adapun variabel
dependen dalam penelitian ini yaitu keputusan pembelian sedangkan untuk variabel independen
pada penelitian ini yaitu faktor persepsi, lingkungan dan gaya hidup. Sampel penelitian ini
adalah seluruh mahasiswa pengguna smartphone oppo di UIN Raden Fatah Palembang. Sampel
dilakukan dengan metode rumus hair, dengan sampel sebanyak 130 orang. Metode statistik
menggunakan uji validitas, uji realibilitas, analisis regresi linier berganda, dengan pengujian
hipotesis uji T (simultan) dan uji F (parsial). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa faktor
persepsi, lingkungan dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan
pembelian.