Abstract :
Penelitian ini membahas tentang ?Penerapan Metode Braistorming Terhadap
Hasil Belajar Pada Pelajaran PAI siswa kelas X SMA YKPP Pendopo?. Rumusan
masalah dari penelitian ini adalah bagaimana hasil belajar siswa sebelum penerapan
metode brainstorming pada mata pelajaran PAI?. Bagaimana hasil belajar siswa
setelah menggunakan metode brainstorming pada mata pelajaran PAI?. Apakah
penerapan metode brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran PAI? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan metode
brainstorming dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI dan
kegunaan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dalam proses belajar
berlangsung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang
menggunakan teknik Pre test Post test Control Group Design. Jenis data dalam
penelitian ini menggunakan data kuantitatif terdiri dari data yang menunjukkan angka
seperti hasil pre-test dan post-test, jumlah guru, jumlah siswa dan sarana prasarana.
Sedangkan data kualitatif terdiri dari hasil wawancara kepada kepala sekolah, guru
PAI, data yang bersifat menggambarkan sejarah SMA YKPP Pendopo serta kondisi
sekolah. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan data primer diperoleh dari
kepala sekolah, guru dan siswa SMA YKPP Pendopo. Data sekunder diperoleh dari
dokumentasi sekolah SMA YKPP Pendopo. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas X SMA YKPP Pendopo yang berjumlah 110 siswa dan sampel
dalam penelitian ini berjumlah 42 siswa.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara,
dokumentasi dan tes. Observasi digunakan peneliti untuk keadaan sarana dan
prasarana, keadaan jumlah ruangan dan mengamati aktivitas siswa. Wawancara untuk
mengetahui informasi mengenai hasil belajar siswa kelas X sebelumnya sebagai latar
belakang dari penelitian. Dokumentasi digunakan untuk peneliti untuk memperoleh
data sejarah sekolah SMA YKPP Pendopo. Tes adalah salah satu alat evaluasi untuk
membedakan antara kondisi awal siswa sebelum diterapkan metode brainstorming
dengan kondisi sesudah diterapkan metode brainstorming. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan tes t untuk mengetahui adanya peningkatan antara hasil
belajar siswa kelas X sebelum dan sesudah diterapkannya metode brainstorming.
Hasil penelitian ini adalah yang pertama, hasil belajar kelas eksperimen yang
menggunakan metode brainstorming tergolong dalam kategori sedang sebanyak 13
orang siswa dengan presentase 61,904%. Kedua, hasil belajar kelas kontrol tanpa
penerapan metode brainstorming tergolong dalam kategori sedang terdapat 11 orang
siswa dengan presentase 52,380%. Ketiga, penerapan metode brainstorming dapat
meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan test t lebih
besar dari t tabel, baik pada taraf signifikan 5 % maupun pada taraf signifikan 1 %
dengan rincian 2,05 < 3,836 > 2,71 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Maka
kesimpulan dari penelitian ini yakni terdapat peningkatan terhadap hasil belajar siswa
kelas X SMA YKPP Pendopo.