Abstract :
Skripsi ini membahas persepsi dukungan sosial orang tua dengan
kreativitas dalam belajar pada siswa kelas VIII di Madrasah
Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Palembang. Penelitian ini
menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pengambilan
sampel menggunakan cluster random sampling dengan mengacu
pada tabel isaac dan michael pada taraf kesalahan 5%. Sehingga
diperoleh sampel penelitian sebanyak 202 orang siswa kelas VIII
MTsN 1 Palembang. Metode analisis data yang digunakan untuk
menguji hipotesis penelitian adalah analisis korelasi Product
Moment. Kesimpulan yang diambil dari hasil penelitian adalah
ada hubungan positif yang sangat signifikan antara persepsi
dukungan sosial orang tua dengan kreativitas dalam belajar pada
siswa kelas VIII di MTsN 1 Palembang, dibuktikan dengan
koefisien korelasi sebesar 0,325 dan nilai p = 0,000 yang berarti
bahwa semakin tinggi persepsi dukungan sosial orang tua maka
akan semakin tinggi kreativitas dalam belajar pada siswa begitu
juga sebaliknya semakin rendah persepsi dukungan sosial orang
tua maka akan semakin rendah juga kreativitas dalam belajar
pada siswa.