Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, pesepsi
dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda pada
CV. Anugerah Kencana Motor Palembang. Sampel penelitian ini sebanyak 84
responden menggunakan metode simple random sampling dengan populasi
konsumen CV. Anugerah Kencana Motor Palembang pada bulan Juli dan Agustus
2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan
metode analisis regresi linier berganda. Adapun tahap-tahap pengujiannya uji
validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji linearitas, uji
heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji parameter individual (t), uji
simultan (F), uji koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa motivasi tidak berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kebutusan pembelian sehingga hipotesis tidak terbukti,
sedangkan persepsi dan sikap konsumen berpengaruh positif dan signifikan
terhadap keputusan pembelian sepeda Motor Honda pada CV.Anugerah Kencana
Motor Palembang. Sehingga hipotesis terbukti kebenaranya. Hasil nilai F hitung
yaitu sebesar 61.438 dengan signifikasi adalah 0,000 < 0,05 artinya motivasi,
persepsi dan sikap konsumen secara bersa-sama atau simultan berpengaruh positif
terhadap keputusan pembelian sepeda motor Honda. Nilai Koefisien determinasi
diperoleh nilai yang positif dari R
2
(adjusted R square), yaitu 0,686 yang artinya
pengaruh diberikan variable independen yang berupa motivasi .(X1), persepsi (X2)
dan sikap konsumen (X3) terhadap variable terikat yaitu keputusan konsumen
dalam membeli sepeda motor Honda sebesar 0,686 atau 68,6% berarti 31,4%
merupakan variabel lain di luar penelitian.
Kata Kunci: motivasi, persepsi, sikap dan keputusan pembelian