Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
Ardhillatul Jannah, Sinta
Subject
300 Ilmu Sosial (Umum)
Datestamp
2021-09-10 06:45:33
Abstract :
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah disamping menawarkan
gadai, pegadaian juga mengembangkan produk investasi logam mulia. Terkait
dengan produk tersebut, pegadaian melakukan promosi yang cukup memikat
minat nasabah. Namun, selain pegadaian keuangan lembaga lainnya pun
mengembangkan produk logam mulia. Sehingga dalam konteks ini antara
pegadaian dan lembaga keuangan lainnya bersaing pada kualitas pelayanan, untuk
menarik minat konsumen.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantittif. Populasi berjumlah 150 orang
dan yang dijadikan sampel sebanyak 60 orang. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan sampling insidental. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini
dengan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis
deskriptif kuantitatif, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji autokorelasi , uji
heterokedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien
determinasi (R2
). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan
kualitas pelayanan terhadap minat investasi logam mulia pada pegadaian unit
pembantu syariah pasar III muara enim. Hasil penelitian berdasarkan hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa variabel promosi (X1) mempunyai pengaruh secara
signifikan terhadap minat investasi logam mulia, Hal ini dapat dibuktikan melalui
sig t 0,000 < 0,05. Variabel Kualitas Pelayanan (X2) mempunyai pengaruh secara
signifikan terhadap minat investasi logam mulia, Hal ini dapat dibuktikan melalui
sig t 0,012 < 0,05. Promosi dan Kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan
terhadap minat investasi logam mulia.
Kata Kunci: Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Investasi Logam Mulia