DETAIL DOCUMENT
PENGARUH LOKASI, KUALITAS PELAYANAN, SUASANA, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DUNKIN’ DONUTS DEMANG LEBAR DAUN PALEMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
ARUMBINANG GEMINATA, MUHAMMAD
Subject
300 Ilmu Sosial (Umum) 
Datestamp
2021-09-10 06:47:52 
Abstract :
Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis kuliner di Kota Palembang, menyebabkan semakin tingginya pula tingkat persaingan bisnis kuliner yang dihadapi oleh Dunkin? Donuts Demang Lebar Daun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini telah menguji adanya lima variabel independen yaitu harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana yang dapat mempengaruhi variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Sampel pada penelitian ini diambil sebanyak 60 responden dan teknik yang digunakan Non-probability sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Data diperoleh dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2). Variabel harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan konsumen yaitu sebesar 0,196, diikuti dengan variabel promosi sebesar 0,195, variabel lokasi sebesar 0,200, variabel kualitas pelayanan sebesar 0,419, dan variabel suasana sebesar 0,331. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti yaitu variabel harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Kemudian hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa kelima variabel independen yaitu harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Angka koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 52,8% variasi dari kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana. Sedangkan sisanya 47,2% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang