Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
ARUMBINANG GEMINATA, MUHAMMAD
Subject
300 Ilmu Sosial (Umum)
Datestamp
2021-09-10 06:47:52
Abstract :
Dengan berjalannya pertumbuhan bisnis kuliner di Kota Palembang,
menyebabkan semakin tingginya pula tingkat persaingan bisnis kuliner yang
dihadapi oleh Dunkin? Donuts Demang Lebar Daun. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, promosi, lokasi, kualitas
pelayanan dan suasana terhadap kepuasan konsumen.
Penelitian ini telah menguji adanya lima variabel independen yaitu harga,
promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana yang dapat mempengaruhi
variabel dependen yaitu kepuasan konsumen. Sampel pada penelitian ini diambil
sebanyak 60 responden dan teknik yang digunakan Non-probability sampling
dengan pendekatan Accidental Sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan
metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh konsumen. Data diperoleh
dengan menggunakan analisis regresi berganda. Analisis ini meliputi Uji
Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Berganda, Uji
Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2).
Variabel harga memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap kepuasan
konsumen yaitu sebesar 0,196, diikuti dengan variabel promosi sebesar 0,195,
variabel lokasi sebesar 0,200, variabel kualitas pelayanan sebesar 0,419, dan
variabel suasana sebesar 0,331. Pengujian hipotesis menggunakan uji t
menunjukkan bahwa kelima variabel independen yang diteliti yaitu variabel
harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana terbukti berpengaruh
positif dan signifikan terhadap variabel dependen kepuasan konsumen. Kemudian
hasil analisis menggunakan uji F dapat diketahui bahwa kelima variabel
independen yaitu harga, promosi, lokasi, kualitas pelayanan dan suasana secara
bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen yaitu kepuasan
konsumen. Angka koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa 52,8% variasi
dari kepuasan konsumen dapat dijelaskan oleh harga, promosi, lokasi, kualitas
pelayanan dan suasana. Sedangkan sisanya 47,2% dijelaskan oleh variabel lain
yang tidak terdapat dalam penelitian ini.