Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris Pengaruh Kepuasan dan Merek terhadap Loyalitas Konsumen. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu Kepuasan dan Merek, variabel dependennya adalah loyalitas konsumen. sampel dari penelitian ini adalah konsumen rumah sakit islam ArRasyid Palembang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan kuesioner terhadap konsumen rumah sakit dengan mengambil sampel sebanyak 100 responden dan analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh signifikan antara kepuasan (X1) dan merek (X2) terhadap loyalitas konsumen (Y) dengan persamaan regresi sebesar Y= 0,355 X1 + 0,192 X2 dengan tingkat koefisiensi determinasi R2 sebesar 0,237 atau 24% serta menggunakan uji t yang menghasilkan jika t (tabel) pada ? = 0,1 atau 10% diperoleh sebesar variabel kepuasan (X1) : thitung = 3,350 > ttabel = 1,29025 atau nilai sig 0,001 < 0,1 variabel merek (X2) : thitung = 1,817 > ttabel = 1,29025 atau nilai sig 0,072 < 0,1 yang berarti secara parsial variabel kepuasan dan merek berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan berdasarkan Uji F diketahui F hitung = 15,089 > F tabel 2,36 yang berarti secara bersamaan (simultan) variabel kepuasan dan merek mempengaruhi loyalitas konsumen.
Kata Kunci : Kepuasan, Merek dan Loyalitas .