Abstract :
Tugas akhir ini mengkaji mengenai pengaruh karakteristik syariah marketing
terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu
UIN Raden Fatah Palembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menjelaskan bagaimana pengaruh karakteristik syariah marketing terhadap kepuasan
nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu UIN Raden Fatah
Palembang.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah table fekuensi,
regresi linear sederhana, analisis koefisien determinasi dan korelasi dan uji t.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa karakteristik syariah marketing (X)
memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank
Sumsel Babel Syariah Cabang Pembantu UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini
ditunjukkan dengan beberapa uji yang dilakukan terhadap variable karakteristik
syariah marketing. Seperti uji t yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi yang
dihasilkan variable syariah marketing berada di bawah 0,05 yaitu 0,01. Selanjutnya,
karakteristik syariah marketing mempunyai pengaruh yang sangat kuat dalam
mempengaruhi terciptanya kepuasan nasabah pada PT. Bank Sumsel Babel Syariah
Cabang Pembantu UIN Raden Fatah Palembang secara optimal, nilai R (korelasi)
yang dihasilkan adalah 0,567. Analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan
yang sangat erat antara karakteristik syariah marketing dengan kepuasan nasabah,
hubungan tersebut dapat dijelaskan dengan prosentase sebesar 56,7%.
Kata Kunci : Karakteristik syariah marketing, Kepuasan Nasabah.