Abstract :
Loyalitas nasabah sangat penting artinya bagi suatu perbankan yang
menjaga kelangsungan usahanya maupun kelangsungan kegiatan usahanya.
Loyalitas nasabah dalam menggunakan jasa yang ditawarkan dapat dijadikan
sebagai bahan masukan bagi pihak perbankan untuk memperbaiki dan
meningkatkan kepercayaan nasabah serta atribut produk yang ditawarkan.
Kepuasan nasabah dapat dipenuhi melalui kepercayaan dan atribut produk
sehingga nasabah akan melanjutkan transaksi dengan perbankan tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan atribut
produk tabungan Batara iB terhadap loyalitas nasabah dengan kepuasan nasabah
sebagai variabel intervening pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk,
Kantor Cabang Syariah Palembang.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan kuesioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30.188 orang dengan karakteristik
nasabah aktif produk tabungan Batara iB dan telah menjadi nasabah lebih dari 1
tahun. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 sampel dengan menggunakan
teknik pengambilan sampel berdasarkan purposive sampling.
Dengan menggunakan path analysis hasil penelitian menunjukkan bahwa
kepercayaan dan atribut produk tabungan Batara iB berpengaruh positif dan
signifikan terhadap loyalitas konsumen. Kepercayaan dan artibut produk tabungan
Batara iB juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah.
Kepuasan nasabah memediasi antara pengaruh kepercayaan dan atribut produk
tabungan Batara iB terhadap loyalitas nasabah.