Abstract :
ABSTRAK
Kepercayan nasabah yaitu keyakinan bahwa di satu produk ada atribut
tertentu. Keyakinan ini muncul dari persepsi yang berulang, dan adanya
pembelajaran dan pengalaman. Kepercayaan nasabah Pegadaian Syariah dapat
timbul diantaranya karena tingkat kenyamanan nasabah dalam melakukan
transaksi dan keamanan khususnya dalam penyimpanan barang berharga milik
nasabah. Salah satu produk yang paling diminati nasabah Pegadaian Syariah
adalah pembiayaan rahn, pembiayaan rahn adalah produk jasa gadai yang
berlandaskan pada prinsip-prinsip syariah, dimana nasabah hanya akan dipungut
biaya administrasi dan Ujrah (biaya jasa simpan dan pemeliharaan barang
jaminan).
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh
variabel independen (pembiayaan rahn) terhadap variabel dependen (kepercayaan
nasabah) di PT. Pegadaian Syariah unit pasar perumnas Palembang. Penelitian ini
dilakukan di PT. Pegadaian Syariah unit pasar perumnas Palembang. Penelitian
ini termasuk pada jenis penelitian lapangan dengan menggunakan metode
kuantitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu data primer,
yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 95 responden. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling. Teknik analisis
data dilakukan dengan analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis,
diperoleh thitung sebesar 11,886 atau thitung> ttabel (11,886 > 1,986). Sehingga, dapat
disimpulkan bahwa variabel pembiayaan rahn berpengaruh secara positif dan
signifikan terhadap kepercayaan nasabah di PT. Pegadaian Syariah unit pasar
perumnas Palembang.
Kata Kunci: Pembiayaan Rahn, Kepercayaan Nasabah, Pegadaian Syariah.