Abstract :
Loyalitas pelanggan dalam menggunakan jasa Go-jek adalah hasil yang
didapat oleh suatu perusahaan yang menciptakan manfaat kepada pelanggannya,
sehingga mereka akan tetap menggunakan jasa dan bahkan menggunakan terusmenerus
dari produk perusahaa tersebut. Loyalitas pelanggan tercipta jika
kerberhasilan dari sebuah perusahaan tersebut terhadap strategi pemasaran dalam
mengembangkan usahanya dengan mengkombinasikan antara variabel kepuasan
konsumen, kualitas layanan dan kepercayaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan, kualitas
dan kepercayaan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dalam menggunakan
jasa Go-jek online cabang Palembang dan untuk mengetahui ketiga variabel
manakah yang berpengaruh dominan terhadap loyalitas pelanggan dalam
menggunakan jasa Go-jek online.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
dengan menggunakan kuisioner yang menggunakan skala likert. Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat Kel.Pahlawan. dengan jumlah
sampel sebanyak 15.235 orang dengan karakteristik pelanggan yang
menggunakan jasa gojek online lebih dari 1 tahun dan metode penentuan sampel
yang digunakan adalah teknik purposive sampling sebanyak 99 sampel, metode
analisis yang digunakan adalah metode regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan (X2) dan
kepercayaan (X3) secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan positif
terhadap loyalitas pelanggan sedangkan kepusan (X1) berpengaruh negative
terhadap loyalitas dalam menggunakan jasa Go-jek online. Variabel kualitas
layanan adalah variabel yang peling dominan mempengaruhi loyalitas pelanggan
dalam menggunakan jasa Go-jek online.