Abstract :
Penelitian ini berjudul Strategi sekolah dalam memotivasi siswa untuk
melanjutkan pendidikan ke jenjang MA (Studi siswa MTS Pon-Pes Al-Furqon Pampangan OKI). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan yang bersifat deskriptif tujuan penelitian ini untuk mengetahui, bagaimana Strategi Wakil Kepala Sekolah dalam memotivasi siswa MTs untuk
melanjutkan kejenjang MA Pondok Pesantren Al-Furqan Pampangan OKI. Untuk sumber data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan skunder,
data primer dari penelitian ini adalah wakil kepalah sekolah dan siswa yang melanjutkan ke jenjang MA, sedangkan data skunder adalah Arsip Pondok
Pesantren Al-Furqon Pampangan. penelitian ini menggunakan teori Strategi Komunikasi dan Pola Komunikasi. Dimana sebuah Proses Strategi yang dilakukan oleh Wakil Kepala sekolah MTs Al-Furqon Pampangan untuk
meningkatkan minat siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang MA. Wakil Kepala
Sekolah Melakukan kerjasama antara orang tua siswa, Guru, Wakil Kepala sekolah menjadi motivator dan melakukan inovasi pembelajaran. Selain itu,terdapat hambatan berupa faktor internal yaitu dari siswa, orang tua siswa, dan lingkungan siswa.