Abstract :
Kinerja karyawan bagi suatu perusahaan sangatlah penting sebagai suatu sikap perilaku yang nyata yang di tampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam sebuah perusahaan. Kinerja karyawan akan lebih efektif atau terpenuhi dengan adanya disiplin kerja di dalam diri karyawan untuk bekerja setiap harinya serta apabila perusahaan mengerti dan memperhatikan betul akan hasil atau prestasi para karyawan yang pada dasarnya yaitu kepemimpinan dan budaya organisasi yang baik yang bersifat kekeluargaan, keharmonisan dengan kebutuhan dan dirasakan nyaman dan adil oleh karyawan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuisioner yang menggunakan skala likert, sampel dalam penelitian ini sebnyak 51 responden dengan menggunakan teknik pengmbilan sampel yaitu sampling jenuh. Dengan menggunakan teknik analisis linier berganda hasil penelitian menunjukkan bahwa disiplin kerja, kepemimpinan dan budaya organisasi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian secara parsial juga menunjukan variabel disiplin kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Variabel kepemimpinan secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Serta variabel budaya organisasi secara parsial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.
Kata kunci : Disiplin Kerja, Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Kinerja Karyawan