Abstract :
Pentingnya beras bagi masyarakat di Ogan Ilir, sejalan dengan adanya upaya
peningkatan produktivitas, beras yang dihasilkan seharusnya dapat memenuhi
kebutuhan dan keinginan konsumen yang terus berkembang seiring berjalannya
waktu. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, seharusnya diperhatikan segala aspek
yang mencakup kuantitas, kualitas dan kontinuitas bagi para konsumen beras. Oleh
karena itu, penulis terdorong untuk melakukan analisa terhadap kepuasan konsumen
dari segi harga (price) dan kualitas produk (product quality). Untuk itu, perlu adanya
penelitian yang mengkaji Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan
Konsumen Pada Beras Raja di Pasar Indralaya ditinjau dari Perspektif Ekonomi
Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Harga dan Kualitas
Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Beras Raja di Pasar Indralaya ditinjau
dari Perspektif Ekonomi Islam. Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak
98 responden. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang
digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Accidental Sampling. Jenis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan
dalam penelitian ini adalah instrumen penelitian, deskriptif responden, analisis
statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji
hipotesis.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa dari perhitungan Fhitung (562,466) >
Ftabel (2,70) dan thitung (29,929)X1 dan (5,007)X2 > ttabel (1,985). Berarti H0 ditolak dan
Ha diterima yang artinya terdapat Pengaruh Harga dan Kualitas Produk secara Parsial
maupun Simultan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Beras Raja di Pasar Indralaya
ditinjau dari Perspektif Ekonomi Islam.
Kata kunci : Harga, Kualitas Produk dan Kepuasan Konsumen