DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS X DI MA NEGERI 2 PALEMBANG
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
ARIZQI, M. FATIH
Subject
510 Matematika 
Datestamp
2021-09-13 01:43:45 
Abstract :
ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif siswa dan pengaruh penerapan model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika kelas X di MAN 2 Palembang. Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan kategori posttest-only control group design yang melibatkan 37 siswa kelas X IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan 37 siswa kelas X IPA 4 sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian ini diperoleh nilai rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen 83,78 sedangkan nilai rata-rata kemampuan kelas kontrol 76,76. Dan untuk nilai kemampuan berpikir kreatif siswa selama proses penerapan model pembelajaran creative problem solving mengalami perubahan yang positif setiap pertemuannya. Adapun pengujian hipotesis dengan uji-t didapat thitung= 3,427> ttabel=1,9944. Sehingga disimpulkan ada pengaruh positif mengenai model pembelajaran creative problem solving terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran matematika kelas X di MAN 2 Palembang. Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Model Pembelajaran Creative Problem Solving, Kemampuan Berpikir Kreatif 

Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang