Abstract :
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Salon Muslimah Mozlima (MOZ5) di Palembang. Secara spesifik, ada empat tujuan penelitian, yaitu menunjukkan (1) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan (2) pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (3) pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan (4) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan melalui kualitas pelayanan. Populasinya adalah seluruh pelanggan Salon Muslimah Mozlima (MOZ5) yang berada di kota palembang. Sedangkan sampelnya adalah pelanggan Salon Muslimah Mozlima (MOZ5) yang di Jl. Angkatan 45 Palembang Square (PS), di kota Palembang sebanyak 100 responden, dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Acidental Sampling. Uji validitas dan reliabilitas dilakukan untuk menguji kualitas data. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan program AMOS. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pengaruh harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (3) pengaruh harga dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh postif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan (4) pengaruh harga terhadap loyalitas pelanggan berpengaruh positif dan signifikan melalui kualitas pelayanan.
Kata kunci : Harga, kualitas pelayanan, loyalitas pelanggan