Abstract :
Songket adalah salah satu kain khas kota Palembang, kain songket ini
biasanya dipakai dalam acara adat yang umumnya digunakan oleh kaun wanita
terutama dalam upacara peyambutan tamu dipakai oleh penari. Para pengrajin
haruslah mempunyai strategi pemasaran yang jitu untuk mempertahankan produk
songket di tengah persaingan yang sangat ketat. Pengrajin dituntut melakukan
inovasi dan ide-ide baru agar kain songket tetap eksis di zaman modern seperti ini.
Adapun metode penelitian yang digunakan adalah data kualitatif data
tersebut diambil melalui data primer dan sekunder kemudian dianalisis dengan
cara deskriptif yaitu menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan
karakteristik mengenai objek penelitian atau bidang tertentu. Penelitian ini
berusaha menggambarkan situasi atau kejadian, data yang dikumpulkan semata?mata bersifat deskriptif.
Hasil penelitian yang diperoleh oleh peneliti pada Kerajinan Songket Fikri
Palembang dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan yaitu
strategi bauran pemasaran (marketing mix) yaitu 4P; Produk (Product), Harga
(Price), Tempat (Place), dan Promosi (Promotion). Kerajinan Songket Fikri
Palembang sejauh ini masih punya tempat di hati para pecinta kain tradisional,
tidak hanya itu keunggulan dari kain songket fikri palembang adalah pelayanan
yang baik, jujur, bahan baku yang berkualitas dan harga yang terjangkau untuk
semua golongan.