Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi di MTs Patra Mandiri
Palembang yang sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional dan
rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari
rendahnya interaksi baik dengan guru dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan
maupun interaksi antar siswa. Yang berdampak pada nilai siswa yang sebagian besar
belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari permasalahan ini maka
penulis tertarik untuk melakukan penelitian.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana hasil
belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two?,
Bagaimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode
The Power Of Two?, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa
kelas eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two dan kelas kontrol
tanpa menggunakan metode The Power Of Two? Tujuan dalam penelitian adalah
untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan
menggunakan metode The Power Of Two dan kelas kontrol tanpa menggunakan
metode The Power Of Two.
Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah
kelas IXa berjumlah 38 orang siswa sebagai kelas dan IXd berjumlah 38 orang siswa
sebagai kelas eksperimen. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan
reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji ?t?.
Dari analisis penelitian maka diperoleh data sebagai berikut: Pertama hasil
belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 5 (13,1%) siswa termasuk dalam kategori
tinggi (nilai 84 ke atas), 26 (68,5%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 68 ?
84), dan 7 (18,4%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 68 ke bawah). Kedua
hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 0 (0%) siswa termasuk dalam
kategori tinggi (nilai 96 ke atas), 32 (84,21%) siswa termasuk dalam kategori sedang
(nilai 78 - 95), dan 6 (15,79) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 78 ke
bawah). Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa kelompok kelas
eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two dan hasil belajar siswa
kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two mata
pelajaran Fiqih materi Pinjam Meminjam karena berdasarkan perbandingan nilai ?t?
yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada ?t? tabel baik pada taraf
signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,64<5,3033>1,99).