DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE THE POWER OF TWO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH TSANAWIYAH PATRA MANDIRI PALEMBANG.[SKRIPSI]
Total View This Week0
Institusion
Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Author
SARI, FITRI ME
Subject
 
Datestamp
2017-07-13 04:40:50 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kondisi di MTs Patra Mandiri Palembang yang sebagian besar guru masih menggunakan metode konvensional dan rendahnya aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari rendahnya interaksi baik dengan guru dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan maupun interaksi antar siswa. Yang berdampak pada nilai siswa yang sebagian besar belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dari permasalahan ini maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana hasil belajar siswa pada kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two?, Bagaimana hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two?, Apakah terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two dan kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two? Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two dan kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Sampel dalam penelitian adalah kelas IXa berjumlah 38 orang siswa sebagai kelas dan IXd berjumlah 38 orang siswa sebagai kelas eksperimen. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji ?t?. Dari analisis penelitian maka diperoleh data sebagai berikut: Pertama hasil belajar siswa pada kelas kontrol yaitu 5 (13,1%) siswa termasuk dalam kategori tinggi (nilai 84 ke atas), 26 (68,5%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 68 ? 84), dan 7 (18,4%) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 68 ke bawah). Kedua hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yaitu 0 (0%) siswa termasuk dalam kategori tinggi (nilai 96 ke atas), 32 (84,21%) siswa termasuk dalam kategori sedang (nilai 78 - 95), dan 6 (15,79) siswa termasuk dalam kategori rendah (nilai 78 ke bawah). Ketiga terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar siswa kelompok kelas eksperimen dengan menggunakan metode The Power Of Two dan hasil belajar siswa kelompok kelas kontrol tanpa menggunakan metode The Power Of Two mata pelajaran Fiqih materi Pinjam Meminjam karena berdasarkan perbandingan nilai ?t? yang terdapat pada t0 adalah lebih besar dari pada ?t? tabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1% (2,64<5,3033>1,99). 
Institution Info

Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang