Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menguji bagaimana pengaruh dari strategi
pemasaran, modal usaha, lokasi usaha dan perilaku pelaku usaha terhadap
keberhasilan UMKM pada pelaku usaha UMKM yang terletak di Kecamatan
Kemayoran Jakarta Pusat. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku usaha
UMKM Kecamatan Kemayoran Jakarta Pusat sebanyak 117 responden.
Menggunakan Teknik sampling jenis nonprobability yaitu sampling jenuh hal ini
dilakukan bila jumlah populasi relative kecil, kurang dari 30, atau peneliti ingin
membuat generalisasi dengan kesalahan yang sangat kecil. Maka yang akan
dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh dari populasi yang diambil,
yaitu seluruh pelaku UMKM yang berada di kecamatan kemayoran yang
berjumlah 117 pelaku UMKM.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang diukur
menggunakan metode korelasi sprearmen dan korelasi berganda menggunakan
aplikasi SPSS (Software Product and Service Solution) versi 26.0.
Hasil Uji t penelitian ini menunjukan strategi pemasaran tidak berpengaruh
terhadap keberhasilan UMKM dengan nilai signifikasi 0,915 > 0,05. Modal usaha
berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM dengan nilai signifikasi 0,000 > 0,05.
Lokasi usaha tidak berpengaruh terhadap keberhasilan UMKM dengan nilai
signifikasi 0,865 > 0,05. Perilaku pelaku usaha berpengaruh terhadap
keberhasilan UMKM dengan nilai signifikasi 0,000 > 0,05.
Kata Kunci : Strategi pemasaran, modal usaha, lokasi usaha, keberhasilan
UMKM
Nama
NPK
Program Studi
: Afin Alfian
: 21190000026
: S1-Manajemen
Dosen Pembimbing :
Syahrul Effendi S.E., M.M.
THE EFFECT OF MARKETING STRATEGY, BUSINESS CAPITAL,
BUSINESS LOCATION AND BUSINESS BEHAVIOR STUDY ON
MSMEs IN KEMAYORAN DISTRICT, CENTRAL JAKARTA
ABSTRACT
This study aims to examine how the influence of marketing strategy, business
capital, business location and behavior of business actors on the success of
MSMEs in business actors located in Kemayoran District, Central Jakarta. The
population in this study were 117 respondents in Kemayoran District, Central
Jakarta. Using a non-probability type of sampling technique, namely saturated
sampling, this is done when the population is relatively small, less than 30, or the
researcher wants to make generalizations with very small errors. So that will be
used as a sample in this study are all of the population taken, namely all MSME
actors in the Kemayoran sub-district, totaling 117 MSME actors.
This research uses quantitative research which is measured using the scatter
correlation method and multiple correlation using the SPSS (Software Product
and Service Solution) version 26.0 application.
The results of the t-test in this study show that marketing strategy has no effect
on the success of SMEs with a significance value of 0.915 > 0.05. Business
capital affects the success of MSMEs with a significance value of 0.000 > 0.05.
Business location has no effect on the success of MSMEs with a significance
value of 0.865 > 0.05. The behavior of business actors influences the success of
MSMEs with a significance value of 0.000 > 0.05.