Abstract :
Kemampuan perusahaan memberikan pelayanan purna jual yang
berkualitas berhubungan terhadap loyalitas dan kepercayaan akan produk terhadap
perusahaan. Disadari atau tidak dalam memberikan pelayanan purna jual ini masih
banyak orang yang belum terbiasa dan menghayati, orang hanya menuntut untuk
memperoleh pelayanan (ingin dilayani) tetapi sedikit sekali yang telah merasa
berkewajiban memberikan pelayan (melayani). Penilaian kualitas purna jual
produk oleh pelanggan dapat dilihat dari profesionalisme dan keterampilan
karyawan yang berhubungan dengan sikap dan perilaku karyawan. Penyediaan
pelayanan purna jual yang secara terus menerus dan teratur merupakan aktivitas
yang sangat penting bagi perusahaan dalam hal membangun kepuasan pelanggan.
Pelanggan dihadapkan pada pilihian produk elektronik yang dapat mereka beli.
Pelanggan menentukan pilihan berdasarkan persepsi mereka akan kualitas,
pelayanan dan nilai. Penilaian kualitas, pelayanan dan nilai. Penilaian kualitas
pelayanan purna jual oleh pelanggan bersifat subjektif (relative), karena tidak
didasarkan atas ukuran yang pasti. Dengan kata lain kualitas pelayanan purna jual
dinilai baik apabila pelayanan tersebut dapat menimbulkan rasa puas pada diri
setiap pelanggan atau konsumen yang sesuai dengan tingkat kepuasan rata-rata.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas
pelayanan, harga produk dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan pada PT.
LG Electronic Indonesia dan untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara
kualitas pelayanan, harga produk dan kualitas produk dengan loyalitas pelanggan
pada PT. LG Electronic Indonesia.
Pertimbangan dalam pengambilan sampel ini adalah konsumen yang
berada diruang tunggu maupun yang sedang menunggu antrian pelayanan service
di CIC (customer information center) LG di jalan Panglima Polim, Jakarta Selatan
dan pernah mengunjungi minimal 2 kali melakukan service. Jadi, responden untuk
penilaian ini sebanyak 75 orang responden.
Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh significance F sebesar 0.000,
nilai tersebut lebih kecil dari 0.05, sehingga, dapat ditarik kesimpulan Ho ditolak
atau Ha diterima yang berarti secara simultan terdapat hubungan positif yang
signifikan antara kualitas pelayanan, harga produk, kualitas produk dengan
loyalitas pelanggan. Nilai koefisien korelasi berganda (r) sebesar 0.438, sehingga
0.438 termasuk dalam kategori hubungan sedang, artinya terdapat hubungan
antara kualitas pelayanan, harga produk dan kualitas produk dengan loyalitas
pelanggan adalah sedang dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.