Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh diferensiasi
produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di KFC Buaran Plaza. Strategi
penelitian yang digunakan adalah asosiatif. Metode penelitan yang digunakan adalah
metode survey, dilakukan untuk memperoleh data dari responden dengan menggunakan
kuesioner. Kuesioner yang digunakan bersifat tertutup, maksudnya adalah telah disediakan
sejumlah pilihan jawaban yang sudah ditentukan nilainya dengan skala Likert. Dalam
penelitian ini data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner penelitian yang
terdiridari 88 responden dari populasi penelitian sebanyak 707 pelanggan KFC Buaran
Plaza, dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Data
tersebut merupakan rata-rata jumlah pelanggan perbulan dari bulan Januari 2014 sampai
dengan bulan Juli 2014.
Diperoleh hasil persamaan regresi berganda? = 5.119 + 0.340 X1 + 0.086X2. Dalam
analisis regresi berganda bahwa konstanta sebesar 5.119 artinya pada saat Diferensiasi
Produk dan Kualitas Pelayanan sebesar 0 satuan maka Loyalitas Pelanggan sebesar 5.119.
Nilai b 1 sebesar 0.340 yang artinya setiap kenaikan satuan pada Diferensiasi Produk
mempengaruhi peningkatan Loyalitas Pelanggan sebesar 0.340. Nilai b2 sebesar 0.086
yang artinya setiap kenaikan satuan Kualitas Pelayanan akan mempengaruhi peningkatan
Loyalitas Pelanggan sebesar 0.086.
Hasil dari t hitung> t tabel (5,121 > 1,988) maka Ho ditolak, artinya secara parsial ada
pengaruh signifikan antara Diferensiasi Produk dengan Loyalitas Pelanggan di KFC Buaran
Plaza. Hasil dari t hitung ? t tabel (1,090 > 1,988) maka Ho diterima, artinya Secara parsial
tidak ada pengaruh signifikan antara Kualitas Pelayanan dengan Loyalitas pelanggan di
KFC Buaran Plaza. Diferensiasi Produk dan Kualitas Pelayanan mampu menjelaskan
sebesar 31,5% variasi variabel dependen (Loyalitas Pelanggan). Sedangkan sisanya sebesar
68,5% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model
penelitian ini.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, secara parsial maupun simultan, menunjukkan
diferensiasi produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas
pelanggan KFC Buaran Plaza.