Abstract :
Kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga merupakan faktor yang dapat
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui keeratan hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga
dengan keputusan pembelian konsumen di Restoran Sederhana Cabang Rawamangun
Jakarta Timur.
Penelitian ini akan dilaksanakan di Restoran Sederhana Cabang Rawamangun
Jakarta Timur. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 pelanggan yang telah
menjadi pelanggan Restoran Sederhana Cabang Rawamangun, yang dipilih dengan
teknik pengambilan sampel purposive sampling. Metoda penelitian yang digunakan
adalah metoda survei dengan pendekatan korelasional. Metoda analisis data yang
digunakan adalah uji koefisien korelasi dan uji hipotesis.
Hasil uji koefisien korelasi parsial antara kualitas produk dengan keputusan
pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan signifikan, diperoleh nilai r y1.23
sebesar 0,406 artinya hubungan kualitas produk dengan keputusan pembelian (kualitas
pelayanan dan harga konstan) adalah sedang dengan hubungan yang bersifat positif
atau searah. Sedangkan hasil uji koefisien korelasi parsial antara kualitas pelayanan
dengan keputusan pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan signifikan,
diperoleh nilai r y2.13 sebesar 0,555 artinya hubungan kualitas pelayanan dengan
keputusan pembelian (kualitas produk dan harga konstan) adalah sedang dengan
hubungan yang bersifat positif atau searah. Dan hasil uji koefisien korelasi parsial
antara harga dengan keputusan pembelian dengan ? sebesar 5% adalah positif dan
signifikan, diperoleh nilai r y3.12 sebesar 0,166 artinya hubungan harga dengan
keputusan pembelian (kualitas produk dan kualitas pelayanan konstan) adalah sangat
rendah dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.
Adapun hasil uji koefisien korelasi berganda diperoleh nilai ry123 sebesar 0,847,
menunjukkan bahwa hubungan antara kualitas produk, kualitas pelayana dan harga
dengan keputusan pembelian konsumen pada Restoran Sederhana Cabang
Rawamangun adalah sangat kuat dengan hubungan yang bersifat positif atau searah.
Hasil pengujian hipotesis secara parsial dan simultan dengan ? = 5%, menunjukkan
adanya hubungan positif yang signifikan antara kualitas produk, kualitas pelayan dan
harga dengan keputusan pembelian