Abstract :
Kepuasan konsumen telah menjadi titik sentral perhatian dalam bisnis dan
manajemen sehingga berbagai literatur yang menyangkut bisnis dan manajemen
organisasi, baik yang bersifat mencari laba ataupun nirlaba menempatkan
kepuasan konsumen sebagai ukuran utama. Untuk itu peneliti ingin mengetahui
hubungan antara harga, kualitas pelayanan dan promosi dengan kepuasan
konsumen pada Minimarket Indomaret Kayujati 8 Jakarta Timur yang telah
diterapkan perusahaan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan
cara pengambilan sampel dari suatu populasi dan menggunakan kuesioner sebagai
alat pengumpulan datanya dan dengan menggunakan pendekatan korelasional.
Sebanyak 100 responden yaitu konsumen Minimarket Indomaret Kayujati 8
Jakarta Timur untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan
penilaian skala likert. Uji instrumen penelitian dalam penelitian ini menggunakan
uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah dengan menggunakan analisis koefisien korelasi parsial dan koefisien
korelasi berganda dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan
menggunakan alat bantu SPSS 21.0.
Berdasarkan hasil uji hipotesis secara simultan antara harga (X 1 ), kualitas
pelayanan (X 2 ) dan promosi (X 3 ) dengan kepuasan konsumen (Y) dengan taraf
nyata (?) 5% diperoleh significance F sebesar 0,000, sehingga H 0 ditolak atau H a
diterima karena nilai significance F lebih kecil dari taraf nyata ? = 0,05 atau 0,000
< 0,05. Yang berarti bahwa secara simultan terdapat hubungan antara harga,
kualitas pelayanan dan promosi dengan kepuasan konsumen.