Abstract :
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat keeratan dan signifikansi hubungan antara
kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek dengan minat beli. Populasi penelitian
adalah sebesar 86 tertanggung PT. Asuransi Umum Mega dimana tertanggung tersebut
merupakan karyawan CT Corpora, dalam penelitian ini menggunakan sampel dengan tingkat
kesalahan 10% (77 orang), pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan
diukur dengan skala likert. Metode pengolahan data menggunakan Software SPSS 19.0, dan
analisis data yang digunakan analisis koefisien korelasi parsial dan berganda serta pengujian
hipotesis.
Hasil perhitungan korelasi X 1 (kualitas produk) dengan Y (minat beli) sebesar 0.138, yang
berarti hubungan antara kualitas produk dengan minat beli adalah sangat lemah dengan
hubungan yang bersifat positif dan searah. Korelasi parsial X 2 (kualitas pelayanan) dengan Y
(minat beli) sebesar 0.326 yang berarti hubungan antara kualitas pelayanan dengan minat beli
adalah lemah dengan hubungan yang bersifat positif dan searah. Korelasi parsial X 3 (citra
merek) dengan Y (minat beli) sebesar 0.230 yang berarti hubungan antara citra merek dengan
minat beli adalah lemah dengan hubungan yang bersifat positif dan searah. Korelasi berganda
antara kualita sproduk, kualitas pelayanan dan citra merek dengan minat beli sebesar 0.547,
yang \berarti memiliki hubungan yang sedang dengan hubungan yang bersifat positif dan
signifikan (searah). Hasil tersebut menunjukkan jika kualitas produk, kualitas pelayanan dan
citra merek terlaksana dengan baik maka mengalami peningkatan maka minat beli
meningkat, begitu juga sebaliknya jika tidak terlaksana dengan baik maka dan mengalami
penurunan maka minat beli menurun. Hasil pengujian hipotesis secara parsial maupun
stimultan dengan ? = 5%, menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan
(searah) antara kualitas produk, kualitas pelayanan dan citra merek.