Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akuntabilitas,
transparansi dan kualitas layanan zakat terhadap kepercayaan muzakki dalam
pembayaran zakat.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Pengolahan dan
analisis data dalam penelitian ini menggunakan program IBM SPSS (Statistical
Program For Social Sciense) versi 24.0. Populasi dalam penelitian ini adalah
milenialJakarta Timur. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling
yang dihitung menggunakan rumus slovin sebanyak 100 orang. Data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data
menggunakan kuesioner yang didistribusikan ke milenial di Jakarta Timur secara
online melalui google form.
Hasil penelitian menjukkan Akuntabilitas tidak berpengaruh terhadap
kepercayaan muzakki. Hal ini dapat disimpulkan bahwa akuntabilitas itu tidak
menjamin akan memperkuat kepercayaan muzakki. Transparansi berpengaruh
secara tidak signifikan terhadap kepercayaan muzakki. Hal ini dapat disimpulkan
bahwa transparansi merupakan salah satu faktor yang memperkuat kepercayaan
muzakki. Kualitas layanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan
muzakki. Hal ini dapat disimpulkan bahwa semakin baik pelayanan maka akan
semakin memperkuat kepercayaan muzakki.
This study aims to determine the effect of accountability, transparency and
quality of zakat services on muzakki's trust in zakat payments.
This study uses a type of quantitative research. Data processing and analysis
in this study used the IBM SPSS (Statistical Program For Social Science) version
24.0. The population in this study are East Jakarta millennials. The sample was
determined based on the purposive sampling method which was calculated using the
slovin formula of 100 people. The data used in this research is primary data. The
data collection technique uses a questionnaire which is distributed to millennials in
East Jakarta online via the Google form. The results of the study show that
accountability has no effect on muzakki's trust.
The results of the study showthat accountability has no effect on muzakki'strust.
It can be concluded that accountability does not guarantee that it will strengthen
muzakki's trust. Transparency has no significant effect on muzakki's trust. It can be
concluded that transparency is one of the factors that strengthens muzakki's trust.
Service quality has a significant effect on muzakki's trust. It can be concluded that
the better the service, the stronger the muzakki's trust.